Bantuan Keuangan Parpol Diperkirakan Meningkat


Asisten Pemerintah Daerah Setda Tabalong, Zulfan Noor (kanan)

TVTABALONG.COM – Pemerintah daerah berencana menaikkan bantuan keuangan bagi partai politik di Tabalong tahun ini. Bantuan keuangan bagi parpol diperhitungkan meningkat menjadi Rp 562 juta.

Angka tersebut berasal dari total suara sah pada pileg periode sebelumnya, yaitu sebanyak 117.515 suara, dikalikan dengan besaran bantuan tahun ini senilai Rp 4.780 per suara sah.

Asisten Pemerintah Daerah Setda Tabalong, Zulfan Noor mengatakan kemungkinan besaran bantuan keuangan parpol di Tabalong dinaikkan. Hal ini salah satunya mengacu pada jumlah suara sah  pada pileg periode sebelumnya yang mengalami penigkatan.

Selain itu, kenaikan juga merujuk pada peraturan pemerintah nomor satu tahun 2018, tentang bantuan keuangan parpol. Di dalam PP tersebut, besaran bantuan per suara sah dinaikan. Untuk tingkat kabupaten, bantuan per suara sah menjadi seribu Rp 500 per suara.

Bagi kabupaten yang alokasi anggaran bantuan keuangan pada parpol, melebihi aturan PP tersebut, seperti kabupaten Tabalong, maka menurut kepala BPKAD Tabalong Yuzan Noor, bantuan tetap menyesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

Diakui Yuzan, kenaikan besaran bantuan keuangan parpol ini memang diusulkan oleh partai polilitk. Tetapi pihaknya tetap akan memperhitungkan pendapatan asli daerah, untuk menentukan besaran bantuan.

Terbaru : 

Purnamasari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: