Bakal Paslon Presiden Dan Wakil Presiden Boleh Sosialisasi Sebelum Masa Kampanye

TVTABALONG.COM – Sebelum memasuki masa kampanye, partai politik hanya boleh melakukan sosialisasi partai secara internal. Namun  hal ini berbeda dengan calon presiden dan wakil presiden, meski masih masa sosialisasi, diperbolehkan untuk mensosialisasikan calon tersebut .

Sebelum masa kampanye pemilihan legislatif tahun 2019 pada 23 september 2018 mendatang dimulai, partai politik memasuki tahap masa sosialisasi. Namun sosialisasi tersebut hanya diperbolehkan secara internal, dan hanya boleh mencantumkan nomor urut serta bendera parpol pada alat peraga kampanye di setiap kantor sekretariat.

Hal ini berbeda dengan bakal calon presiden dan wakil presiden mendatang, yang diperbolehkan mensosialisasikan dirinya. Sedangkan partai politik, belum diperbolehkan mencantumkan calegnya pada alat peraga kampanye.

Komisioner KPUD Tabalong, Irisandy Winata mengatakan, hal ini tentu memiliki perbedaan, antara pemilihan legislatif dengan pemilihan presiden dan wakil presiden, karena yang terpenting untuk pileg adalah parpolnya, bukan calegnya.

Selain itu Irisandy juga mengatakan, sosialisasi tersebut diperbolehkan, asalkan bakal calon presiden tersebut belum mempunyai nomor urut, sehingga apabila sudah mendapatkan nomor urut, maka harus mengikuti peraturan yang telah dibuat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: