Asap Rokok Ternyata Bisa Jadi Penyebab Katarak

TVTABALONG.COM – Bukan rahasia lagi, bahwa rokok menyebabkan banyak penyakit mematikan, seperti kanker, jantung dan lainnya. Yang jarang disebutkan, ternyata rokok, juga menjadi salah satu penyebab buta katarak.

Pasalnya asap rokok mengandung banyak radikal bebas, yang mampu merusak penglihatan, orang yang terpapar, baik itu perokok pasif maupun aktif.

Hal tersebut dinyatakan kepala Dinas Kesehatan Tabalong, dr. Taufiqurrahman Hamdie, saat kegiatan operasi katarak gratis. Menurut Taufiq untuk mencegah katarak penyakit karatak, hindari paparan asap rokok, serta konsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan.

Gejala penyakit katarak yang perlu diperhatikan seperti penglihatan kabur seperti melihat asap, mata menjadi sangat sensitif terhadap cahaya yang menyilaukan, dan sulit melihat saat cahaya remang-remang atau sangat terang.

Sedangkan gejala terberat memungkinkan penglihatan penderita berangsur-angsur menurun, dan selanjutnya hanya melihat cahaya terang dan gelap.

Taufik menghimbau bagi penderita katarak, agar tidak takut dioperasi, dan mengutamakan deteksi lebih dini agar tidak tambah parah.

Ia menjelaskan setiap tahunnya, program CSR PT Adaro Indonesia yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Tabalong, adakan operasi gratis bagi penderita katarak di Tabalong, untuk membantu masyarakat yang kesulitan dalam biaya operasi.

Syarif Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: