Home / Tabalong Hari Ini / Agar Tak Kehilangan Fungsi, Desa Dan Kelurahan Yang Terapkan Sideka Diminta Lengkapi Data Secara Lengkap

Agar Tak Kehilangan Fungsi, Desa Dan Kelurahan Yang Terapkan Sideka Diminta Lengkapi Data Secara Lengkap

TVTABALONG.COM – Desa dan kelurahan yang menerapkan aplikasi sistem informasi desa dan kawasan, Sideka, diminta untuk mengisi data lengkap yang tersedia di aplikasi berbasis web tersebut. Pasalnya, jika diabaikan, maka aplikasi tersebut akan kehilangan fungsi sebagai penyaji data lengkap desa.

Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Tabalong, imbau perangkat desa untuk memanfaatkan Aplikasi Informasi Desa Dan Kawasan, Sideka, dalam pemerintahan desanya. Diskominfo yang mensosialisasikan penggunaan aplikasi ini, selasa lalu di Kecamatan Kelua meminta perangkat desa, untuk mengisi data lengkap yang tersedia diaplikasi berbasis web tersebut.

Pasalnya aplikasi penyedia informasi desa tersebut, hanya akan berfungsi, ketika unsur-unsur atau fitur-fitur yang disajikan, telah diisi oleh perangkat desa yang bersangkutan. Jika aplikasi ini tidak dipenuhi dengan data-data lengkap maka fungsi kelengkapan yang digadang pada aplikasi ini menjadi sia-sia.

Sekretaris Desa Binturu kecamstan Kelua, Wahyuni mengatakan saat ini pihaknya masih terkendala pengisian profil desa. Sebagian dari perangkat desa pun belum sepenuhnya mengetahui cara pengisian data di aplikasi ini.

Data yang termuat pada aplikasi ini mulai dari profil desa, baik itu jumlah penduduk, jumlah sekolah, tempat-tempat ibadah hingga kearifan lokal desa  lainnya tersedia pada layanan aplikasi ini, dengan begitu pemerintah, kelembagaan, maupun masyarakat dapat mengakses informasi terkait kondisi desa dan informasi desa terkini.

Sebelumnya Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Tabalong telah menetapkan desa di 5 kecamatan untuk menjalankan aplikasi sistem informasi desa dan kawasan, Sideka.

Purnamasari

Check Also

Diskominfo Berikan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Simpaten Versi 2 Pada Aparat Kecamatan

TVTABALONG.COM – Guna memberikan kemudahan kepada masyarakat, khususnya di tingkat kecamatan dalam mengurus perijinan, Dinas …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: