Agar Lulus Dengan Kompetensi Standar, Siswa BLK Wajib Ikuti Ujian Ini

TVTABALONG.COM ā€“ Setelah menyelesaikan pelatihan selama batas waktu yang telah ditentukan, siswa BLK Tabalong diharuskan mengikuti uji kompetensi keahlian, yang diselenggarakan oleh lembaga sertifikasi resmi. Hal itu, bertujuan agar siswa lulusan BLK Tabalong benar-benar mempunyai kompetensi keahlian, yang dibuktikan dalam bentuk sertifikat kompetensi.

Umumnya, siswa BLK dapat lulus dan mendapat sertifikat, apabila siswa selalu hadir selama masa pembelajaran, bersikap baik, serta mengikuti ujian. Siswa yang telah dinyatakan lulus, tidak cukup menjamin mereka mempunyai kompetensi keahlian di bidangnya.

Guna memastikan lulusan BLK Tabalong memiliki kompetensi sesuai standar, Dinas Ketenagakerjaan mewajibkan siswanya, untuk mengikuti uji kompetensi, yang dilaksanakan oleh lembaga setifikasi resmi.

Uji kompetensi tersebut, wajib dilakukan siswa, sebelum lulus dari balai latihan kerja. Seperti yang diungkapkan Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Syaiful Ikhwan, mengikuti pelatihan di BLK, tak menjamin siswa siap memasuki dunia kerja, sehingga perlu di uji lagi, untuk memastikan kemapuan siswa sesuai standar.

Sekedar informasi, selasa lalu, BLK Tabalong, kembali membuka pelatihan bagi 160 siswa dari 10 jurusan yang dibuka. Ada tiga jurusan yang bersumber dari dana APBN, sedangkan tujuh jurusan bersumber dari dana APBD. Pelatihan akan berlangsung selama dua bulan, dari tanggal 1 Agustus sampai 17 September.

Syarif Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: