5 Jenis Warna Tempat Sampah yang Perlu Kita Tahu

Untuk menunjang sistem pengolahan sampah yang baik, Dinas Lingkungan Hidup sediakan tempat sampah berwarna.  Diharapkan partisipasi masyarakat, dapat  membuang sampah sesuai kategori yang ada ditempat sampah tersebut.

Dinas Lingkungan Hidup Tabalong sudah menyediakan tempat sampah berwarna di sejumlah fasilitas umum.  Tempat sampah tersebut tersedia di  sekolah, kantor pemerintahan, taman, serta fasilitas umum lainnya.

Tempat sampah berwarna umumnya terbagi lima warna, tempat sampah warna merah bertuliskan B3 yang artinya bahan berbahaya dan beracun seperti, kaca, baterai, peralatan listrik. Warna hijau adalah tempat sampah organik seperti, daun dan bekas sayuran.

Sedangkan warna kuning adalah tempat sampah non organik seperti kardus dan botol, warna biru adalah tempat sampah daur ulang seperti, kertas, plastik dan sisa kain. Terakhir warna abu-abu adalah tempat sampah residu seperti, puntung rokok dan di luar kategori empat warna lainnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Rowi Rawatianice mengatakan, dengan adanya pengkategorian tempat sampah, diharapkan bermanfaat untuk mengoptimalkan pengolahan, serta mempermudah pemanfaatan limbah atau sampah, seperti pembuatan pupuk kompos.

Rowi juga mengharapkan, masyarakat dapat membuang sampah ke tempatnya sesuai kategori sampah tersebut. Dinas Ligkungan Hidup sudah mensosialisasikan hal tersebut, meski belum ke semua lapisan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!