5 Hal yang Perlu Dilakukan Bila Mudik Menggunakan Sepeda Motor

TVTABALONG.COM – Selain memastikan kondisi kesehatan badan, hal yang tak kalah penting sebelum melakukan mudik lebaran, adalah memeriksa kendaraan pribadi yang akan digunakan, terutama bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor. Berikut beberapa tips untuk anda yang mudik menggunakan motor.

Ramadhan menjadi momen yang digunakan untuk berkumpul bersama sanak keluarga yang ada di kampung halaman. Namun sebelum mudik, ada hal  penting yang harus di perhatikan agar selamat dalam berkendara, salah satunya bagi pengendara motor.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pemudik yang menggunakan sepeda motor. Yang utama dalah memeriksa tekanan angin ban dan alurnya. Pastikan tekanan angin ban sesuai, untuk berkendara sendiri maupun berboncengan. Karena apabila tekanan angin tidak sesuai, bisa membuat sepeda motor kehilangan kendali saat dikendarai. Pastikan alur ban nasih dalam kondisi baik.

Selain itu ganti atau bersihkan busi. Periksa juga fungsi rem dan ketebalannya. Peranti rem mulai dari handle, pedal, hingga rem itu sendiri, harus diperiksa. Pastikan semua komponen mekanis dan hidrolis berfungsi dengan baik. Jika perlu ganti minyak rem dan kampas sebelum dipakai mudik.

Yang tak kalah penting adalah memeriksa kapasitas oli agar sesuai dengan standar ukuran motor dan jika perlu lakukan penggantian oli sesuai rekomendasi pabrikan. Selain itu pastikan pula nyala lampu berfungsi sebagaimana mestinya dan sesuai ukuran standar.

TEF 2018

Hindari penggunaan mika lampu transaparan untuk lampu belakang, karena dapat membahayakan pengemudi dibelakangnya. Hindari pula untuk menggunakan lampu dengan daya sinar terlalu terang, karena dapat menyilaukan pengendara lain yang berlawanan arah.

Untuk memastikan kemanan dan kenyamanan sealma mudik menggunakan motor, pastikan pengendara memaikai helm, sarung tangan, dan masker.

(Muhammad Fauzi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: