2 Kasus Dalam 3 Tahun, Kejari Tabalong Nilai Lemahnya Administrasi Jadi Sebab Korupsi Dana Desa

Taufik, Ketua Tim Pengawal Pengaman Pemerintahan Dan Pembangunan Daerah Kejaksaan Negeri Tabalong, “

TVTABALONG.COM – Sejak tahun 2015 lalu hingga kini, Kejaksaan Negeri Tabalong telah memproses dua kasus tindak pidana korupsi terkait pengelolaan dana desa. Dan pihak Tim Pengawal Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TPPPD) mengklaim , pelanggaran terjadi akibat lemahnya pengelolaan keuangan dana desa.

Dalam kurun waktu sekitar 3 tahun terakhir, Kejaksaan Negeri Tabalong menangani dua kasus dugaan penyalahgunaan dana desa. Dan negara dirugikan sedikitnya  Rp 200 juta akibat kasus tersebut.

Hingga kini, salah satu kasusnya memasuki tahapan proses persidangan, dengan dugaan kasus pembuatan surat pertanggungjawaban fiktif dan mark up, dari beberapa kegiatan yang bersumber dari dana desa tahun anggaran 2015. Sedangkan satu kasus lainnya saat ini masih dalam proses penyelidikan.

Saat diwawancarai, ketua Tim Pengawal  Pengaman Pemerintahan Dan Pembangunan Daerah Kejaksaan Negeri Tabalong, Taufik mengatakan  dugaan penyalahgunaan dana tersebut terjadi karena lemahnya administrasi pengelolaan dana desa.

Lebih lanjut Taufik menjelaskan, pihaknya kini telah memberikan sosialisasi dan monitoring ke setiap desa, sebagai upaya untuk mengurangi terjadinya kasus tindak pidana korupsi terkait penggunaan dana desa di Tabalong.

Rahmadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: